Monday, January 25, 2016

Hukum Nun Mati Atau Tanwin Yang Kedua Idgham

Setelah kita belajar Hukum Nun Mati atau Tanwin yang pertama yaitu Idzhar, kali ini saya akan posting Bagian Nun Mati Atau Tanwin yang kedua yaitu Idgham.
Hukum Nun Mati Atau Tanwin Yang Kedua Idgham
Hukum Nun Mati Atau Tanwin Yang Kedua Idgham
 
IDGHAM
  • Pengertian Idgham
Idgham menurut bahasa artinya memasukan atau melebur. atau Idkhaalussyai-in Fii Syai-in artinya memasukan sesuatu pada yang lain. Sedangkan menurut ulama Ahli Qura yaitu :

إِلْتِقَاءُ حَرْفٍ سَاكِنٍ بِحَرْفِ مُتَحَّرِّكٍ بِحَيْثُ يَصِيْرَانِ حَرْفًاوَاحِدًا مُشَدَّدًا يَرْتَفِعُ الّلِسَانُ إِرْتِفَاعَةً وَاحِدَةًمَعَ مُرَاعَةِ الْغُنَّةِ عِنْدَ الْاِدْغَامِ بِغُنَّةِ وَبِلَا مُرَاعَتِهَاعِنْدَ الْاِدْغَامِ بِلَاغُنَّةِ
Artinya : Bertemunya huruf sukun dengan huruf yang berharkat seolah-olah menjadi satu huruf yang bertasydid dengan satu kali bunyi dengan menjaga dengung ketika idgham bighunnah dan tidak dengung ketika idgham bilaa ghunnah. Dengan demikian Idgham itu ialah menyisipkan bunyi huruf Nun Mati atau tanwin kedalam bunyi huruf Idgham yang terdapat di hadapannya, Sehingga bunyi Nun Mati atau tanwin tersebut tidak terdengar sama sekali, yang terdengar hanyalah huruf Idgham dan seolah-olah merupakan suatu hal yang bertasydid.
Huruf Idgham semuanya ada 6 yaitu :ن، و، ل، م، ر، ي untuk lebih mudah menghafal digabung menjadi "yarmaluuna"(يَرْمَلُوْنَ )
Contoh Nun Mati atau Tanwin bertemu huruf Idgham
Tanwin Nun Mati  Huruf Idgham
خَيْرًا يَرَهُ مَنْ يَشَاءُ ي
Khairoyyaroh Mayyasyaa-u
غَفُورًا رَحِيمًا مِنْ رَبِّهِم ر
 Ghafuurorrohiima Mirrabbihim
خَصِيمٌ مُبِينٌ مِمَّنْ مَنَعَ م
 Khashiimummubiin  Mimmammana'a
هُدًى لِلْمُتَّقِين مِنْ لَدُنْكَ ل
 Hudallilmuttaqiin Milladunka
غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ مِنْ وَلِيٍّ و
 Ghisyaawatuwwalahum  Miwwaliyyin
حِطَّةٌ نَغْفِرْ لَكُمْ مِنْ نُطْفَةٍ ن
  • Macam-Macam Idgham
  • Idgham Bighunnah/Ma'al Ghunnah
Idgham Bighunnah/Ma'al ghunnah terdiri dari dua kata yaitu idgham dan Bighunnah, Idgham artinya memasukan sedangkan bighunnah artinya dengan dengung, Jadi Idgham bighunnah itu memasukan bunyi nun mati atau tanwin kedalam salah satu huruf idgham Bighunnah disertai dengung/ditahan, idgham bighunnah disebut juga idgham Naaqis.
Huruf idhgham bighunnah semuanya ada 4 yaitu : ي، ن، م، و Apabila digabung dan biar mudah di ingat menjadi : yanmuu (يَنْمُوْ )

  • Idgham Bilaaghunnah/Ghaerghunnah
Idgham bilaaghunnah terdiri dari dua kata yaitu Idgham dan Bilaaghunnah, Idgham artinya memasukan sedangkan Bighunnah artinya tanpa dengung, jadi idgham bilaghunnah itu memasukan bunyi Nun Mati atau tanwin kedalam salah satu huruf idgham bilaghunnah tanpa disertai dengung/ditahan, Idgham bilaghunnah disebut juga Idgham Tam atau Idgham Kamil
Huruf Idgham Bilaghunnah semuanya ada 2 yaitu :  ر ،ل.   apabila digabung untuk mudah menghafalkan menjadi : (رَلٍ / لَرِ ) "ralin atau lari"

Syarat bisa dibaca idgham jika Nun Mati berada dalam dua kalimah, Namun apabila Nun Mati berada dalam satu kalimat maka harus dibaca jelas/di idzharkan, karena tidak memenuhi syarat dan takut Iltibas/tertukar dengan kalimat Mudho'af . Contoh lafadz دُّنْيَا tidak dibaca "DUYYA" tapi dibaca "DUN YA" lafadz قِنْوَانٌ    tidak dibaca QIWWAN tapi dibaca QINWAAN untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah:

Contoh Dibaca Tidak Dibaca
الدُّنْيَا Dunyaa Duyya
صِنْوَانٌ Shinwaanu Shiwwaan
بُنْيَانٌ Bunyaanu Buyyaanun
قِنْوَانٌ Qinwaanu Qiwwaanun

Itulah Hukum Nun Mati atau Tanwin  yang  Kedua yaitu Idgham, dari saya dicukupkan sekian untuk kali ini, nanti kita sambung lagi pada bagian Nun Mati atau Tanwin nomor ke 3 yaitu Iqlab, semoga bermanfaat!!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Hukum Nun Mati Atau Tanwin Yang Kedua Idgham
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.